Tempat Wisata Malang & Batu 2019 • Populer + Asyik Untuk Liburan

Tempat Wisata Malang Dan Batu Yang Paling Ramai Dikunjungi – – Memiliki sejumlah potensi wisata membuat Malang menjadi kian lekat dengan predikat salah satu destinasi wisata terfavorit di Indonesia. Potensi wisata di Malang dan sekitarnya sangatlah lengkap mulai dari wisata alam, wisata permainan, wisata edukasi, wisata kuliner, hingga wisata sejarah. Dengan banyaknya tempat-tempat wisata di Malang yang menarik membuat kini daerah yang terletak di Jawa Timur ini menjadi kian ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal, domestik, dan mancanegara. Bukan hanya saat waktu liburan tiba saja, bahkan hampir setiap hari semua tempat wisata Malang selalu dipadati wisatawan.

JASA FOTO 

Sejatinya, Malang tidak sendirian menopang banyaknya wisatawan yang ingin berkunjung. Ya, bukan hanya Kabupaten Malang saja namun juga terdapat sejumlah daerah lain disekitar tempat wisata Malang yang menyimpan potensi wisata luar biasa. Salah satu daerah yang juga dikenal memiliki potensi wisata disekitar Malang adalah Kota Batu. Karena jaraknya yang dekat dan daerahnya beririsan, banyak juga yang mengira sejumlah tempat wisata di Kota Batu merupakan tempat wisata yang ada di Kabupaten Malang.Namun, bagi wisatawan tentu saja hal ini tidaklah menjadi masalah. Baik Malang dan Batu memiliki segudang tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Malang Dan Sekitarnya Yang Paling Ramai Dikunjungi Wisatawan

Banyaknya pilihan tempat wisata di Malang dan sekitarnya tentu sangat menyenangkan. Namun, seringkali karena waktu liburan dan anggaran yang terbatas membuat kita tidak bisa mengunjungi seluruhnya. Maka dari itu, untuk membantu Anda merencanakan liburan di Malang, di sini akan dibagikan apa saja tempat wisata Malang dan sekitarnya yang paling ramai dikunjungi wisatawan.

Bromo

Gunung Bromo, Karena keindahannya yang luar biasa itu, menimbulkan daya tarik bagi para traveller. Baik itu yang berasal dari Indonesia tidak sedikit juga wisatawan mancanegara yang mengunjungi Bromo. Dengan ketinggian 2.329 MDPL dan banyak objek wisata yang ada di kawasan gunung Bromo seperti Bukit Penanjakan tempat dimana bisa menikmati indahnya Sunrise, Kawah Bromo, Pasir Berbisik, Padang Savana dan Bukit Telettubies yang membuat Bromo menjadi salah satu tujuan wisata Malang yang paling banyak peminatnya dan sangat sayang jika dilewatkan.

Museum Angkut

Mendengar kata museum, pasti banyak orang yang membayangkan sebuah tempat yang sunyi dan berisi benda bersejarah. Namun, museum yang satu ini sedikit berbeda. Ya, Museum Angkut merupakan museum yang memiliki koleksi alat transportasi lengkap baik transportasi darat, udara, maupun udara. Koleksi yang ada di museum ini begitu lengkap dari segi tahun keluarannya. Mulai dari alat transportasi klasik, modern, hingga yang tercanggih pun ada. Menariknya, di museum yang satu situasinya sangat berbeda dengan museum lainnya.
Jika museum lain cenderung sepi, Museum Angkut ini begitu ramai, seru, dan menyenangkan. Hal ini tiak lepas dari konsep pengelola Museum Angkut yang membuat museum ini menjadi diminati oleh semua kalangan termasuk anak muda. Bagaimana tidak, di dalam museum selain bisa melihat berbagai koleksi alat transportasi, para pengunjung juga bisa bebas berfoto dengan latar belakang menarik bahkan beberapa kendaraan pun bisa dinaikki.
Bukan hanya alat transportasi dari Indonesia saja, terdapat pula banyak alat transportasi dari luar negeri. Dan menariknya, di museum ini terdapat tema-tema dimasing-masing zona yang membuat para pengunjung tidak akan bosan mengelilingi seluruh area museum. Misalnya saja untuk zona Las Vegas. Di Zona ini, koleksi museum dibuat dengan latar seolah-olah ada di Las Vegas yang asli. Suasana gemerlap dan mewah membuat banyak orang tertarik untuk mengabadikan momen di sini karena sangat instagramable.
Museum yang terletak di Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Kota Batu ini memiliki harga tiket museum yang cukup tinggi. Harga tiket masuknya adalah Rp. 100.000/Orang dan bagi pengunjung yang membawa kamera juga dikenakan biaya sebesar Rp30.000. Walaupun cukup tinggi untuk sebuah museum, namun Anda tidak akan kecewa dengan apa yang didapatkan di dalam museum ini.

Jatim Park I

Tempat wisata Malang dan sekitarnya yang ketiga adalah Jatim Park I. Jangan Anda lewatkan tempat wisata yang satu ini jika Anda gemar tema wisata wahana permainan dan wahana edukasi. Ya, Park I merupakan tempat wisata yang begitu populer dan menjadi salah satu tempat wisata andalan Jawa Timur. Di tempat ini, berbagai wahana permainan seru siap menghibur Anda dan menyegarkan pikiran Anda. Bahkan, banyak juga berbagai wahana yang siap memacu adrenalin Anda seperti misalnya Flying Tornado dan berbagai macam roller coaster.
Tidak hanya wahana permainan yang seru di Jatim Park I. Di sinipun Anda bisa berlagak seperti para ilmuan dengan berbagai alat permainan bertemakan ilmu fisika, kimia, dan pemanfaatan teknologi wahana edukasi. Masuk ke wahana edukasi ini akan menghasilkan berbagai pengetahuan baru dan pengalamana baru yang seru. Untuk anak-anak, jelas wahana edukasi ini sangat baik dan bisa menginspirasi mereka untuk menjadi ilmuan. Dan juga, ada pula area agropark yang cukup luas didaerah Batu yang udaranya sangat menyegarkan serta area lainnya seperti area edukasi sejarah, edukasi kebudayaan Indonesia, dan juga museum uang.
Jatim Park merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi untuk berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orangtua pun bisa terhibur di tempat wisata yang satu ini. Lengkapnya wahana yang ada di Jatim Park I ini juga didukung dengan berbagai fasilitas wisata yang juga disediakan. Dijamin, Jatim Park I ini tidak akan mengecewakan.
Untuk Anda yang tertarik mengunjungi Jatim Park I, Anda bisa langsung datang ke Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Harga tiket per orangnya untuk hari Senin hingga kamis sebesar Rp60.000 dan hari lainnya Rp80.000.

Jatim Park II

Jika ada Jatim Park I, maka tentu ada yang kedua. Lalu, apa perbedaan kedua Jatim Park ini? Jatim Park II merupakan tempat wisata yang memiliki tema khusus yaitu Fauna dan Flora. Ya, Jatim Park II menyajikan wisata yang sangat menarik dengan dua menu utama yaitu Batu Secret Zoo dan Eco Green Park. Namun tidak hanya itu, terdapat pula area museum satwa yang harus dilewati terlebih dahulu.
Museum Satwa di Jatim Park II ini merupakan salah satu museum satwa yang terlengkap dan terbesar. Di sini memang lebih cenderung wisata edukasi karena akan menampilkan berbagai sajian ilmu dan sejarah didunia fauna. Menariknya, terdapat pula beberapa replika binatang baik binatang yang kini masih ada maupun binatang purba dengan ukuran yang diperkirakan sama dengan aslinya. Setidaknya, ada 3 replika yang paling menarik perhatian pengunjung yaitu replika Gajah, Jerapah, dan yang paling menarik adalah replika Dinosaurus.
Selanjutnya, ada area khusus untuk kebun binatang bernama Batu Secret Zoo. Area ini merupakan area kebun binatang dengan koleksi satwa yang lengkap dengan konsep modern dan sangat rapi. Kebun binatang yang satu ini memiliki habitat buatan yang sangat mirip dengan habitat asli untuk masing-masing binatang. Sehingga, tidak hanya membuat berbagai satwa menjadi senang namun juga membuat pengunjung seperti masuk ke area tempat tinggal asli mereka.  Batu Secret Zoo ini termasuk kebun binatang yang sangat luas. Namun, dengan penataan yang rapi dan konsep yang menarik membuat pengunjung tidak akan terasa lelah memutari seluruh area kebun binatang ini.
Dan yang terbaru, terdapat pula area Eco Green Park. Di area ini, Anda akan bisa memasuki kawasan hutan buatan yang teduh dan melihat taman-taman yang begitu cantik. Untuk Anda yang gemar berfoto-foto pastinya akan terpuaskan di area hutan buatan ini. Selain itu, Eco Green Park ini juga memiliki misi untuk membuat orang menjadi lebih mencintai lingkungan. Sangat cocok tentunya untuk mengajarkan anak-anak.
Jatim Park II terletak di Desa Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk tiket terusan agar bisa mengunjungi semua area tadi, Anda harus merogoh kocek Rp85.000 jika berkunjung dihari Senin, Selasa, Rabu atau Kamis dan dihari lainnya sebesar Rp125.000 per orangnya.

Coban Rondo

Tempat wisata Malang seperti apakah Coban Rondo ini? Coban dalam bahasa daerah setempat memiliki arti yaitu air terjun. Jadi, Coban Rondo ini merupakan tempat wisata alam air terjun yang bernama Rondo. Tempat wisata yang satu ini sudah begitu dikenal oleh banyak orang.
Coban Rondo merupakan salah satu dari banyaknya coban-coban lainnya di Malang. Namun, Coban Rondo ini dikatakan sebagai salah satu tempat wisata air terjun yang terindah di Malang dan bahkan di Jawa Timur. Air terjun alami yang sangat tinggi ini turun dari tebing tinggi ditengah kawasan yang sangat rindang. Sudah pasti, suasana asri yang menenangkan dan tentunya udara yang segar akan didapatkan di tempat wisata Coban Rondo ini.
Dan tentu, Anda yang gemar swafoto atau lebih dikenal selfie pastinya akan senang diberada di sini. Anda bisa berfoto dengan background air terjun alami yang sangat indah ditengah area pepohonan hijau yang asri.
Menariknya, Coban Rondo ini tidak akan membuat kantung Anda menjadi menipis. Hanya sepuluh ribu rupiah saja, Anda bisa langsung masuk dan menikmati keindahan alam berupa air terjun alami.  Air terjun ini terletak di Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Tidak sulit untuk sampai ke Coban Rondo ini baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Taman Labirin Coban Rondo

Selain bisa menikmati air terjun alami, Anda yang berwisata ke Coban Rondo ini bisa juga menjajal Taman Labirinnya. Taman labirin ini memang termasuk baru dibuat oleh para pengelola Coban Rondo. Tetapi begitu dibangun, taman labirin ini begitu memikat banyak orang dan menjadi tempat wisata Malang yang ngehits.
Ya, berada di sebuah labirin tentu sangat jarang dirasakan oleh banyak orang. Di tempat wisata Malang yang satu ini, siapapun bisa mencobanya. Labirin yang ada di taman ini merupakan labirin buatan namun dengan bahan alami. Artinya, labirin yang harus dilalui oleh wisatawan ini merupakan tanaman asli yang dipangkas agar membentuk jalan tikus dan akan membuat bingung para wisatawan mencari jalan keluar. Tinggi tanaman labirin ini adalah setinggi dua meter. Dijamin, serunya bermain di tempat wisata ini begitu terasa.
Bagi Anda yang takut tidak bisa keluar, Anda tidak perlu khawatir akan bermalam didalam labirin tersebut. Ya, pengunjung tidak akan benar-benar tersesat karena ada menara pemantau yang akan bisa menyelamatkan Anda. Menara pemantau ini bisa dinaiki oleh siapa saja. Tidak hanya oleh pengelola, namun bisa juga Anda menyuruh kerabat atau keluarga Anda untuk berjaga di menara untuk memberikan bantuan melewati sulitnya labirin. Dan karena bisa dinaiki oleh siapa pun membuat menara pemantau ini menjadi tempat mengambil foto yang sangat pas. Dari ketinggian akan dihasilkan foto hits dan seru yang pastinya sulit ditemui ditempat lainnya.

Wisata lainnya

Sebetulnya masih banyak tempat wisata menarik yang ada di Malang dan sekitarnya. Misalnya untuk pantai, masih ada pantai-pantai menarik seperti Pantai Sendang Biru, Pantai Goa Cina, atau Pantai Bajul Mati. Ada juga tempat wisata Malang lainnya seperti Candi Singosari, Museum Brawijaya atau Taman Sengkaling. Begitu juga untuk coban atau air terjunnya, masih terdapat coban-coban lainnya seperti Coban Talun, Coban Rais, Coban Pelangi, Coban Nirwana, Coban Sewu, Coban Gintung, Coban Jahe, Coban Tundo, Coban Sipelot, atau Coban Banyu Anjlok.

Tips Penting Sebelum Pergi Ke Berbagai Tempat Wisata Malang Dan Sekitarnya

Setelah membahas berbagai tempat wisata Malang dan sekitarnya, perlu diketahui beberapa tips penting yang harus diketahui. Ya, tips ini mungkin akan terdengar remeh. Namun jika disepelekan, bisa membuat Anda menyesal dikemudian hari. Apa saja tipsnya?

Atur Jadwal Wisata

Perlu diketahui, terdapat banyak sekali tempat wisata Malang dan sekitarnya yang sangat menarik. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menjelajahi seluruh tempat wisata yang ada, penting sekali mengatur jadwal perjalanan wisata Anda. Yang perlu Anda perhatikan pertama kali adalah soal lokasi tempat wisata. Kelompokkan tempat wisata yang ingin dikunjungi sesuai area lokasinya dan buat jadwal yang bisa Anda kunjungi agar Anda bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dan Yang kedua, buatlah jadwal durasi berwisata dimasing-masing tempat wisata. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mengunjungi seluruh tempat wisata yang diinginkan.

Tentukan Penginapan dan Alat Transportasi

Sebelum berangkat berwisata, penting untuk menentukan dimana tempat menginap dan menggunakan kendaraan apa ketika berwisata. Hal ini sangat penting untuk Anda yang datang dari luar kota. Untuk urusan kendaraan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih bebas. Jika tidak mungkin membawa kendaraan sendiri, bisa cari informasi sewa kendaraan terlebih dahulu. Atau, bisa juga menggunakan kendaraan umum untuk mencapai semua lokasi. Tentu, perlu mencari tahu terlebih dahulu apa saja alat transportasi umum yang bisa digunakan.

Bisa juga Anda pilih menggunakan jasa biro wisata dan perjalanan untuk mengatur semua urusan wisata Anda. Cara ini tentu lebih praktis dan terjamin, namun dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Buat Perencanaan Keuangan

Berwisata di Malang dan sekitarnya bisa membuat Anda tidak bisa mengontrol diri dalam hal keuangan. Ya, banyak sekali makanan dan minuman khas, cinderamata dan juga berbagai wahana menarik yang bisa menguras kantung Anda. Untuk itu, lebih baik rencakanakan terlebih dahulu agar tidak kehabisan uang saat berwisata.

Dari banyaknya tempat wisata Malang dan sekitarnya, itulah tadi setidaknya daftar yang wajib Anda kunjungi. Daftar wisata di Malang, Batu dan sekitarnya itu merupakan pilihan berdasarkan tempat wisata yang populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jangan lupakan juga tips pergi berwisata ke Malang tadi agar Anda bisa menikmati Paket tour malang yang menyenangkan.